Barisan Cowok Cilik Ngetop Era 90-an yang Lebih Dahsyat dari Bowo Alpenliebe

4.7.18




Halo, Kawans!

Biasanya, saya dan Asti memilih topik Battle of the 90’s atas preferensi pribadi. Kali ini, karena lagi heboh sebuah fenomena yang bikin kita antara pengin julid, enggak habis pikir, sekaligus ngakak sampai Madagaskar, yaitu meledaknya seorang sosok abege kinyis bernama BOWO ALPENLIEBE!

Buat yang masih melongo alias enggak mudeng, saya jelasin dulu, nih. Tiktok adalah sebuah aplikasi ngeksis yang lagi hits di kalangan anak kinyis. Lewat Tiktok, kita bisa rekam aksi kita joget, nyanyi, atau performance plus pakai lagu ya. Saya pribadi enggak punya akun Tiktok dan sampai saat ini belum niat ngerekam apa pun di aplikasi ini.

Dari unggahan yang bersliweran di linimasa, post Tiktok ini unik-unik sih (bahasa halus dari ‘kacrut’ hahaha!). Kebanyakan saya malah ngelus dada atau megangin perut yang kram, saking banyak makhluk absurd goyang-goyang beraksi.

Nah, dari sekian banyak artis Tiktok dadakan ini, ada seorang cowok kinyis yang lagi merebut perhatian. Nickname-nya Bowo Alpenliebe. Jangan tanya kenapa nama permen itu yang diambil, mungkin emang doi doyan hehehe.

Mau tahu penampakan cowok tiga belas tahun bernama asli Prabowo Mondardo ini?

Si Bowo Alpenliebe yang femes itu loch
pic : IDN Times

 
Artikel tentang Bowo Alpenliebe lebih lengkap, kamu baca langsung aja di IDN Times ini, ya!

Bagian yang bikin ngakak itu pas saya baca ada acara-acara meet and greet yang mengenakan sejumlah biaya untuk bertemu Dek Bowo ini. Salah satunya, pakai deskripsi, bisa foto bareng dan pegangan tangan! Enggak cukup sampai situ, para penggemar Dek Bowo ini ada yang mengeluarkan pernyataan yang goks abis. Misalnya, rela hilang keperawanan, tak peduli soal status di akhirat nanti,  sampai mau bikin agama baru bernama Bowo lengkap dengan nabi dan rasulnya! Serem mampus!

Muka langsung horor kaya Patrick lihat SS-nya fans Bowo Alp
Pic : knowyourmeme

Geleng-geleng kepala sih melihat kelakuan ajaib para pecinta Bowo Alpenliebe yang notabene masih pada bau kencur ini. Tapi, coba deh inget lagi masa kita jadi abege belum mletek seperti ini. Ada dong idola-idola yang bikin kita histeris, para cowok kinyis yang pesonanya enggak abis-abis?

Nah, kalau Asti membahas para heart-throb bule, saya akan bahas versi lokalnya. Inilah lima cowok kinyis yang sontak bikin cewek cilik histeris di era 90-an.



1.  Bondan Prakoso

Lagu anak legendaris tentang si mamalia laut nan cerdik dan lincah, Lumba-lumba, takkan jadi populer tanpa cowok yang satu ini. Penyanyi kelahiran 8 Mei 1984 ini sudah aktif bermusik sejak usia balita. Gayanya enerjik dan wajahnya tergolong rupawan, terdepan di antara beberapa penyanyi cilik seangkatannya.

Bondan Prakoso kicik dan gede
Pic : Kapanlagi Musik


Sayang, sempat pula ia diterpa gosip miring di sekitar tahun 1995. Bondan dituding menghamili sesama artis cilik, Enno Lerian, melalui sebuah perkosaan di belakang panggung. Kabar ini tergolong bombastis dan menurut saya, sadis banget, apalagi keduanya masih belia sekitar usia 11-12 tahun.
Namun, seiring gosip jahat itu surut, Bondan pun merambah dunia anak band di masa remajanya dengan menjadi basis Funky Kopral. Di band yang menggabungkan unsur funk dan rock (yah, mirip-mirip musiknya Red Hot Chilli Peppers), Bondan menciptakan imej baru. Hingga berlanjut di era 2000-an dengan kolaborasi bersama Fade 2 Black, sebuah grup rap.


2. Eza Yayang

Demam Jacko, alias Michael Jackson yang melanda di era 80-an dan awal 90-an rupanya menular juga pada artis cilik Tanah Air. Sebut saja cowok kelahiran 19 Februari 1982 ini, Eza Yayang. Kegemarannya menampilkan tarian break dance dan meniru sang idola, King of Pop, Michael Jackson, membawanya menjadi cowok cilik dengan tampilan ciamik. Apalah popularitas Bowo Alpenliebe, Eza Yayang sudah sampai diundang ke luar negeri. Ia juga mendapat semacam penghargaan dari Jacko sendiri lewat salah satu badan PBB, UNICEF.

Eza Yayang dan Agnes Monica, the dynamic duo
Pic : Youtube

Salah satu duet terkenal Eza adalah lagu Yesss bersama Agnes Monica. Kalau tidak salah, aksi video klipnya pun sampai gelantungan pakai sling! Luar biasa lah untuk ukuran artis cilik masa lampau!
Beranjak dewasa, Eza sempat membentuk band bersama kakaknya, Adam, dengan nama D.O.T. Kini, kita mengenal Eza lewat perannya sebagai Rojak di serial Tukang Ojek Pengkolan


3. Yoga Pratama

Dari seni peran, ada aktor cilik yang ngegemesin satu ini. Saya malah kenal cowok kelahiran 18 November 1983 ini dari film-film Warkop DKI. Yoga Pratama memang membintangi beberapa film komedi dewasa itu di awal dekade 90-an. Sebut saja, Bisa Naik Bisa Turun, Masuk Kena Keluar Kena, dan Bebas Aturan Main. Yoga juga merambah dunia presenter dan kepiawaiannya membawakan acara Pesta Ceria menghadirkan sebuah penghargaan Panasonic Award di tahun 1997.

Yoga Pratama kecil, cute banget!
Pic : IDN Times

Di usia dewasa, Yoga masih setia berakting. Salah satu prestasi gemilangnya adalah meraih Piala Citra tahun 2008 kategori Aktor Pendukung Terbaik lewat film 3 Doa 3 Cinta. Dua tahun terakhir, Yoga berperan dalam film berkualitas, yaitu Marlina Pembunuh dalam Empat Babak dan LIMA. Sebuah bukti keseriusannya yang selektif memilih peran.


4. Joshua Suherman

Artis cilik serba bisa di era 90-an, pastilah akan teringat si cilik pede selangit yang satu ini, Joshua Suherman. Joshua, cowok kelahiran 3 November 1992 ini, memulai kariernya sebagai penyanyi cilik di usia sangat muda. Tahun 1995 dengan kemampuan bicara saja masih terbata-bata, ia sudah percaya diri menelurkan album dengan lagu Cit Cit Cuit sebagai pentolan. Namun, album yang paling meledak adalah Air, di tahun 1999. Jargon “diobok-obok” terus melekat sampai kini. Plus tentu saja rekan di video klipnya yang tersohor, Mas Tukul Arwana alias Rey Rey Reynaldi!

Jojo si multitalenta cilik
Pic : Bintang

Jojo, panggilan akrabnya, juga merambah dunia sinetron dan film, terutama di era 2000-an. Di masa dewasanya, Jojo nyaman dengan pembawaan guyon dan peran komedi. Termasuk ikut dalam komedi situasi Comic Story bersama beberapa komika ternama, seperti Babe Cabita, Arie Kriting, dan Ge Pamungkas.


5. Abiem Ngesti

Yang satu ini mungkin paling mind blow on kalau pinjam istilahnya webtoon Tahilalats. Sadar enggak kalau di Indonesia, bukan hanya ada Raja dan Ratu Dangdut, tetapi pernah juga ada Pangeran Dangdut? Well, jangan bayangkan cowok artistokrat macam William dan Harry di Britania sana, ya!
Nama cowok ini, Abiem Ngesti. Lahir 30 Oktober 1978, karier cemerlangnya sayang tidak bertahan lama. Rilis album Pangeran Dangdut di tahun 1992, hanya tiga tahun berselang, hidup Abiem berakhir tragis pada sebuah tragedi kecelakaan lalu lintas di ruas jalan tol Jakarta-Cikampek.

Abiem Ngesti (alm.), The Prince of Dangdut
Pic : kasetlalu

Ciri khas Abiem adalah rock-dut alias dangdut yang berpadu dengan musik rock. Sebelum Alam ‘Embah Dukun’ berkoar-koar sebagai pengusung genre ini, Abiem telah lebih dulu mengguncang blantika musik Tanah Air di dekade sebelumnya. Total dalam tiga tahun kariernya, Abiem berhasil menghasilkan sebelas album. Salah satu faktor kesuksesannya adalah berkat tangan dingin sang ayah, Wiwien Ngesti dalam mengarahkan putranya ini. Aneka penghargaan pun berhasil diraih sebagai prestasi, sebut saja HDX Awards dan Anugerah Dangdut TPI.
Rest in peace, Prince of Dangdut!


Dari daftar di atas, kita bisa simpulkan. Seseorang wajar saja dielu-elukan menjadi idola. Namun, lebih bagus lagi jika bukan hanya beragam gaya yang disuguhkan atau angka followers di media sosial. Prestasi nyata dan pengakuan dari forum terpercaya akan mengukuhkan popularitas menjadi sebuah tapak legenda, bukan koar-koar tanpa isi belaka.

Siapakah cowok cilik atau remaja favoritmu di era 90-an dulu? Ceritakan di kolom Komentar, yuks!






You Might Also Like

1 comments

  1. OoooHHHHH... baru nyadar ini ya para laki lokal yang dimaksud, entah kenapa gue ga nyambung kemarinnn haha. Dan baru inget Abiem Ngesti ini, samar-samar kayanya inget beritanya dulu lumayan besar ya waktu dia meninggal. Gosip Bondan sama Enno emang paling luar biasa sih dulu.. sapa bilang dulu kala gosipnya ga sesadis sekarang yaaa 🙈

    ReplyDelete

Komen dulu yuk, Kawans!